10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Terbaru 2021

Saturday, September 25th, 2021 - Aplikasi

Anak-anak zaman sekarang tampaknya sudah menjadikan bahasa Inggris menjadi salah satu bagian dari keseharian mereka. Hal ini juga dipermudah dengan banyaknya lembaga kursus bahasa Inggris yang terus bermunculan.

Bahkan, untuk sekolah swasta kelas atas, juga sudah menggunakan sistem dual language saat memberikan materi pelajaran.

Nah, bagi anda yang kebetulan tidak berada di sekolah yang menggunakan sistem dual language atau tidak cukup uang untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, tak perlu cemas.

Karena kini sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa membantu anda dalam melancarkan bahasa internasional.

Syaratnya, anda harus memiliki smartphone dengan koneksi data yang mencukupi. Berikut 10 aplikasi belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa anda unduh secara gratis.

1. Duolingo – Learn Languages Free

Duolingo – Learn Languages Free

Berbeda dengan aplikasi latihan bahasa yang sudah tersebar untuk ponsel android dan iphone, Aplikasi ini menyajikan pola latihan dengan berlandaskan sistem bermain sambil belajar.

Anda tidak akan belajar bahasa Inggris secara kaku, karena Duolingo bisa membawa anda belajar dengan sangat menyenangkan.

Setiap selesai melakukan satu buah permainan dengan benar, maka anda akan mendapatkan EXP atau point. Caranya cukup dengan menjawab pertanyaan yang muncul dengan benar, maka poin anda akan bertambah.

Duolingo ini memberikan kesempatan anda untuk berlatih meningkatkan kemampuan speaking, listening, reading, dan writing. Dan semuanya dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan.

Tak heran lagi jika Duolingo sempat terpilih sebagai Best of the Best di Google Play Store selama dua tahun berturut-turut (2013 dan 2014).

2. Secil: Belajar Bahasa Inggris

Secil: Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang selanjutnya memang difokuskan untuk anak-anak. Desain tampilannya sangat dekat dengan dunia anak, penuh warna dan mudah dicerna.

Konsep pembelajaran Secil: Belajar Bahasa Inggris sudah dirancang agar anak bisa belajar secara interaktif. Dan dilengkapi dengan suara-suara yang bikin anak tidak cepat bosan.

Selain fitur khusus belajar bahasa Inggris, aplikasi ini juga menyediakan fitur hiburan seperti:

  • Bermain Puzzle kartu Inggris
  • Bermain tebak arti Inggris
  • Permainan tebak bahasa Inggris

Semuanya sudah dirancang agar anak mau belajar bahasa inggris sejak dini.

3. Speaky – Language Exchange

Speaky – Language Exchange

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang mewadahi bagi mereka yang tengah mencari cara untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris, dengan cara bertukar pengetahuan.

Jika anda ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, tinggal cari pengguna terdaftar yang memang menggunakannya sebagai bahasa ibu.

Caranya cukup login dengan menggunakan akun Google atau Facebook. Kemudian pilih bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa yang akan dipelajari dan tentukan anda berada di level mana.

Untuk saat ini, Speakeasy menawarkan metode chat dalam berkomunikasi dengan partner latihan. Namun, juga ada fasilitas pengecekan kosa kata, sehingga anda tahu bahwa kata yang ditulis salah atau benar. Nantinya aplikasi ini juga akan memfasilitasi berkomunikasi dengan audio message dan file sharing.

4. Mango Languages

ango Languages

Aplikasi ini lebih menitikberatkan untuk latihan berbicara atau conversations, yang dilengkapi dengan unsur:

  • Budaya dari satu negara
  • Tata bahasa
  • Cara pengucapan yang tepat
  • Latihan mengetahui kosakata yang benar.

Latihan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Mango Languages juga banyak diarahkan kepada percakapan dasar. Seperti bagaimana mengucapkan sapaan yang tepat kepada mereka yang sama umurnya atau yang lebih tua juga bisa.

Karena itulah ada unsur budaya yang diselipkan sebagai salah satu bagian pembelajaran dari aplikasi ini.

Ada 21 latihan bahasa Inggris yang bisa digunakan di aplikasi ini. Namun sebelumnya, anda harus registrasi dulu. Untuk selanjutnya bisa berlatih setiap hari hingga lebih lancar dalam berbicara bahasa Inggris.

5. Busuu

Busuu

Aplikasi belajar bahasa Inggris ini merupakan salah satu “Editor’s Choice” yang ada di Google Play Store. Metode pembelajarannya menerapkan pola simbiosis mutualisme.

Sesama pengguna dari aplikasi ini harus saling bantu untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing untuk pengguna yang lainnya.

Sebelum memulai, anda diberi pilihan untuk melakukan placement test. Sehingga anda akan tahu ada di level mana kemampuan yang anda miliki.

Tidak hanya itu saja, Aplikasi ini juga memberikan sertifikat digital yang bekerjasama dengan McGraw-Hill Education.

Ada lebih dari 150 pola latihan yang bisa anda gunakan dalam memperlancar berbahasa Inggris. Dari mulai berbicara, mendengar, dan juga menulis. Juga termasuk meningkatkan grammar.

6. Lingbe: Free Language Practise

Lingbe: Free Language Practise

Jika aplikasi ini melatih bahasa Inggris yang didominasi dengan tulisan teks, maka juga akan melatih anda untuk berbicara.

Cukup menekan tombol bicara dengan salah satu pengguna, maka anda sudah bisa berlatih berbicara dengan bahasa Inggris.

Setelah selesai berlatih bicara bahasa Inggris dengan partner anda, maka anda akan menerima feedback soal grammar, pronunciation, hingga kelancaran dalam berbicara.

Dengan demikian, anda akan tahu perkembangan yang akan dialami setiap kali selesai berlatih.

Anda juga bisa melatih sesama pengguna yang tertarik belajar bahasa Indonesia. Dengan memberikan bantuan bagi orang lain, anda akan mendapat credit lingos yang bisa digunakan untuk berlatih bahasa Inggris dengan partner lain.

7. CoffeeStrap: Language Exchange

CoffeeStrap: Language Exchange

Aplikasi yang mempunyai sifat simbiosis mutualisme. Untuk setiap pengguna akan belajar bahasa Inggris dari mereka yang memang menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian.

Menariknya lagi, anda bisa menjadi instruktur bagi mereka yang tengah ingin belajar bahasa Indonesia.

Aplikasi ini akan memberi ruang bagi anda untuk berlatih setiap hari. Anda bisa memfilter pengguna lain dengan cara melalui kategori usia, jenis kelamin, bahasa yang digunakan, dan bahasa yang diinginkan.

Dalam setiap profil yang muncul nantinya akan ada keterangan nama pengguna, umur, asal negara dan bahasa yang ingin dipelajari.

Jika sudah menemukan partner yang dirasa sudah sangat pas, anda tinggal membuka obrolan dan mulai berlatih meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda.

8. Marbel Belajar Grammar

Marbel Belajar Grammar

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini terlihat berat, karena sudah langsung membicarakan soal grammar. Pasalnya grammar memang termasuk bagian yang sedikit sulit dari sebuah bahasa.

Namun demikian, aplikasi ini akan membuatnya lebih mudah. Aplikasi hasil karya Educa Studio ini menyajikan materi utama yang berkaitan dengan kata sandang seperti a/an dan the.

Aplikasi ini juga memberi pelajaran menggunakan kalimat pasif dan aktif. Juga termasuk bentuk-bentuk tenses (kalimat).

Educa studio mempermudah belajar grammar dengan memberikan keterangan bahasa Indonesia dalam setiap materi yang sudah disediakan. Bisa memudahkan anda untuk memahami materi yang lebih dalam.

Jadi, meski anda seorang pemula, aplikasi ini tetap masih cocok dan pas.

9. Learn English with Aco

Learn English with Aco

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda tak perlu lagi mengambil kursus yang mengenakan biaya mahal. Karena aplikasi ini menyediakan fitur yang sangat lengkap.

Seperti fitur reading, writing, listening, speaking, conversation, pronunciation, grammar, vocabulary, hingga translation.

Metode pembelajarannya yang merangsang anda untuk aktif belajar kosa kata baru. Anda akan melakukan chat dengan Aco yang bertujuan untuk melatih conversation.

Fitur chat ini sangat berguna bagi anda yang masih malu-malu dalam menulis atau berbicara bahasa Inggris.

Tak perlu takut salah, karena justru dari kesalahan penulisan itu anda akan diberi tahu yang sebenarnya. Sehingga anda mendapat pengetahuan baru dalam kosa kata maupun dalam cara berbicara dalam bahasa Inggris.

10. Learn 50 Languages

Learn 50 Languages

Aplikasi ini tidak mengkhususkan diri untuk belajar bahasa Inggris. Sesuai dengan namanya, anda bisa mempelajari 50 bahasa yang berbeda. Dari mulai bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, hingga China.

Disediakan sekitar 100 pelajaran yang akan memberikan anda berbagai macam kosakata dasar dalam setiap bahasa. Kosa kata yang diberikan memang cukup banyak digunakan dalam percakapan umum.

Seperti digunakan untuk berbelanja, makan di restoran, menginap di hotel, atau sekadar ngobrol santai juga bisa.

Untuk membantu proses belajar dalam bahasa inggris, Learn 50 Languages menyediakan pilihan audio dan teks. Audio yang akan melatih anda dalam mendengar setiap kosa kata. Sehingga anda bisa segera mengerti apa yang diucapkan lawan bicara.

Sementara teks lebih mempelajari penulisan kata yang benar. Kemudian juga dilengkapi dengan audio tentang cara pengucapan yang benar dari kata tersebut atau anda juga bisa membaca artikel Aplikasi Game untuk android.

Menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris sebagai sarana meningkatkan kemampuan anda juga termasuk cara yang sangat efektif. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, selain untuk membeli paket data dan paket internet.

Namun demikian, hasil yang akan dicapai tetap berpatokan sejauh mana anda bisa konsisten berlatih melalui aplikasi-aplikasi ini. Semakin rajin berlatih, maka anda akan cepat merasakan manfaatnya.

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Terbaru 2021 | Ryan Ardhy | 4.5