10 Aplikasi Pembuat Game Untuk PC / Laptop Terbaru 2021

Unity

Apakah anda juga termasuk orang yang memiliki hobi dalam bermain game? Jika iya, apakah memang pernah terbesit dalam pikiran anda bagaimana cara membuat game kesukaan anda tersebut?

Anda bisa saja menjadi pembuat atau pengembang game yang terkenal di dunia maya, karena zaman sekarang membuat game terbilang cukup mudah.

Anda hanya memerlukan sebuah software atau aplikasi yang dapat membantu anda untuk membuat game. Tapi, untuk jadi pembuat game yang terkenal, tidak cukup hanya dengan sebuah software saja tapi anda juga harus memiliki skill khusus yang harus terus dilatih. Jadi, bisa saja anda mengasah skill anda dengan software pembuat game.

Apakah aplikasi pembuat game itu sangat ribet? Tidak semua aplikasi untuk membuat game dikatakan ribet, karena ada beberapa aplikasi yang dibuat untuk para pemula. Anda juga bisa memilih aplikasi apa yang akan anda gunakan nantinya untuk membuat game.

Untuk memudahkan anda memilih aplikasinya, artikel kali ini akan menjelaskan beberapa aplikasi pembuat game untuk Pc atau laptop. Yuk langsung saja, kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Twine

Twine

Merupakan salah satu aplikasi pembuat game yang cukup simpel yang dapat membuat cerita interaktif dan non linear.

Anda dapat membuat game choose your adventure dengan cara anda sendiri. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungkan satu cerita ke cerita lainnya dengan node yang sudah disediakan, seperti sedang membuat mind map.

Jika sudah selesai, anda bisa langsung publish game nya ke website. Cara membuat game dengan aplikasi ini sangat mudah, tapi anda juga bisa melihat tutorialnya terlebih dahulu jika dirasa sedikit kebingungan. Game yang sudah pernah dibuat menggunakan aplikasi Twine ini diantaranya A Kiss dan Crystal Warrior Kesha.

2. Monogame

Monogame

Merupakan salah satu aplikasi pembuat game yang berbasis 2D, seiring dengan perkembangannya aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat game yang berbasis 3D dengan fitur tambahan yaitu Render Target 3D.

Baca Juga:

√10+ Aplikasi Internet Gratis Terbaru 2021

Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman C# pada aplikasi ini, karena bahasa C# terbilang sangat mudah untuk dipahami.

Aplikasi Monogame juga memiliki sifat multiplatform, yang mana dapat mem-build ke berbagai platform diantaranya seperti Windows, Mac, OS, Android, Play Station, dan lain sebagainya.

Monogame saat ini juga laris dipasaran sehingga banyak para pengembang game yang mencoba menggunakan aplikasi ini.

3. Game Salad

Game Salad

Merupakan aplikasi pembuat game yang mendukung multi platform. Aplikasi GameSalad ini sangat disarankan untuk para pemula karena cara penggunaannya yang cukup mudah.

Jika anda tidak mengerti bahasa pemrograman tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini hanya perlu mengatur property – property nya saja dan hasil yang akan anda dapat juga sangat bagus.

4. Cocos 2DCocos 2D

Merupakan aplikasi pembuat game untuk PC atau laptop yang memiliki sifat open source. Aplikasi Cocos2D ini mempunyai beberapa jenis, diantaranya seperti Cocos2D, Cocos2D-X, Cocos2D-JS, Cocos2D-XNA, dan Cocos2D-Swift. Cocos2D hanya bisa untuk membuat game yang berbasis 2D saja, dan sudah terlihat jelas dari nama aplikasinya.

Bahasa pemrograman yang anda gunakan untuk aplikasi Cocos2D ini bisa bervariasi, juga tergantung anda ingin menggunakan bahasa apa, misalnya seperti bahasa Python, C#, C++, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga mendukung multi platform sehingga anda bisa membuild nya ke dalam berbagai platform, diantaranya seperti PC, iOS, Android, Windows Phone, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga menyediakan IDE yang mempunyai fitur Live Coding, Autocomplete, dan One Click Publishing.

5. Stencyl

Stencyl

Merupakan salah satu aplikasi pembuat game yang dulunya hanya dikhususkan untuk platform web dan flash saja. Akan tetapi, setelah aplikasi Stencyl ini di rilis versi terbarunya, Stencyl sudah mendukung multi platform diantaranya adalah PC, Android, dan iOS.

Aplikasi Stencyl juga terbilang sangat mudah digunakan bagi para pembuat game pemula, karena fitur yang tersedia juga cukup banyak.

Jika anda tidak cukup mahir dalam bahasa pemrograman, anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa membuat game tanpa bahasa pemrograman, Stencyl menggunakan alur logika yang mudah untuk dipahami semua orang.

Stencyl juga bisa digunakan untuk membuat game RPG seperti aplikasi RPG Maker, karena aplikasi ini mempunyai fitur world editor yang memiliki fungsi untuk membuat map atau tile pada map. Ada juga fitur actor editor tool yang memiliki fungsi membuat karakter, musuh serta NPC.

6. RPG Maker

RPG Maker

Merupakan aplikasi pembuat game yang dikhususkan hanya untuk membuat game RPG (Role Playing Game) saja, yang mana anda dapat memainkan karakter dalam menyelesaikan petualangannya. Untuk anda para gamers game RPG adalah salah satu genre game terbaik untuk dimainkan.

Awalnya RPG Maker hanya untuk single platform yaitu PC, tapi dengan dirilisnya versi terbaru ini RPG Maker MV maka anda bisa mem-build game ke berbagai platform diantaranya seperti iOS, Android, PC, dan lain sebagainya. Bahasa pemrograman yang bisa anda pakai juga berbagai macam seperti Ruby dan Javascript.

Kini RPG Maker menggunakan prinsip Tile Map Mapping yang mana semua sprite map yang diperlukan sudah disediakan oleh aplikasi RPG Maker, sprite karakter, musuh dan lain lainnya juga sudah disediakan. Sehingga anda tidak perlu mendesain apapun lagi, anda hanya perlu ide saja untuk membuat game.

7. Corona SDK

Corona SDK

Merupakan aplikasi pembuat game yang dibangun oleh Corona Lab pada tahun 2008 silam. Corona SDK ini hanya dikhususkan untuk pembuatan game 2D saja. Aplikasi ini sangat mendukung berbagai macam platform baik untuk PC atau Android.

Corona SDK ini menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda dari aplikasi pembuat game lainnya yaitu dengan menggunakan bahasa Lua.

Dan aplikasi ini dapat anda unduh secara gratis tanpa adanya ra bayar sedikitpun. Para developer game sudah banyak yang beralih ke aplikasi Corona SDK yang satu ini.

8. GameMaker

GameMaker

Merupakan aplikasi pembuat game buatan YoYo Games. Aplikasi ini sering digunakan untuk para pemula game developer. Karena sistemnya yang sangat mudah dipelajari untuk membuat aplikasi ini menjadi favorit di kalangan para pemula.

Aplikasi Game Maker menggunakan fitur drag and drop untuk membuat sebuah event, penataan ruang, penempatan sprite, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman GML atau GameMaker Language agar game tersebut bisa dibuat lebih interaktif. Namun, anda tetap bisa menggunakan bahasa lainnya selain bahasa GML tapi hasilnya tidak akan sebagus menggunakan bahasa GML ini.

9. Construct 2

Construct 2

Merupakan aplikasi pembuat game atau game engineering untuk PC / laptop. Aplikasi ini menggunakan bahasa HTML 5 yang khusus. Aplikasi Construct 2 dikembangkan oleh Scirra yang hanya diperuntukkan untuk pembuatan game 2D saja.

Game yang dibuat menggunakan aplikasi Construct 2 ini hanya diperuntukkan single platform yaitu web saja, tapi bisa juga dijadikan multiplatform dengan bantuan aplikasi tertentu, seperti untuk mem-build game ke PC / Laptop baik itu Windows, Mac atau Linux yang dapat menggunakan software tambahan yaitu Node-Webkit, sedangkan untuk mem-build ke Android atau iOS juga diperlukan software seperti AppMobi, CocoonJS, dan PhoneGap.

10. Unity

Unity

Merupakan salah satu aplikasi pembuat game untuk PC / laptop yang memiliki sifat multiplatform. Aplikasi Unity biasa sering disebut dengan nama Unity3D karena dulu aplikasi Unity hanya diperuntukkan membuat game 3D saja. Akan tetapi, kini aplikasi Unity sudah meluncurkan versi 4.3 keatas yang bisa digunakan untuk membuat game yang berbasis 2D.

Aplikasi Unity mendukung 2 bahasa pemrograman yaitu bahasa C# dan bahasa Javascript. Unity juga memiliki fitur drag and drop serta pengaturan property inspector.

Baca Juga:

15 Rekomendasi Aplikasi Kamera Terbaik 2021

Jendela kerja yang dimiliki aplikasi Unity ini terbilang cukup banyak diantaranya seperti jendela kerja game, animator, scene, animation, dan lain sebagainya.

Saat anda pertama kali mengunduh aplikasi Unity, akan ada text editor bawaan yang sudah disediakan yaitu MonoDevelop. Tapi, anda juga bisa mengubahnya menjadi salah satu aplikasi lain yang anda miliki seperti Visual Studio, Notepad++, dan lain sebagainya.

Aplikasi Unity ini juga dapat mem-build ke berbagai platform seperti Android, iOS, PC, Web, Playstation, Xbox, dan Windows Phone. Aplikasi ini juga tersedia fitur Virtual Reality.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like