Aplikasi Pembuat Game Offline Tanpa Cooding di PC Terbaru 2021

Cocos2D

Di zaman sekarang ini sudah tidak seperti dulu yang opsi aplikasi untuk membuat game nya masih sangat terbatas. Sekarang sudah banyak pilihan aplikasi pembuat game. Tapi, yang mana ya kira-kira engine yang terbaik, yang dapat menyesuaikan skillset anda sekarang?

Sebelum ngoprek dan mulai membuat game sendiri dengan cara menggunakan beeberapa aplikasi dibawah, setidaknya anda sudah punya basic di bidang programming.

Bukan masalah usia, tapi masalah keinginan dan skill yang anda punya. Artikel ini hanya membahas aplikasi gratis untuk membantu anda membuat game sendiri.

Jika anda termasuk orang pemula dalam membuat game, atau bahkan tidak pernah membuat game sebelumnya lalu tertarik untuk membuat game pertama anda, silahkan baca-baca terlebih dahulu referensi lain, karena memang sangat penting.

Daftar Aplikasi Pembuat Game untuk Pemula

Jika anda ingin memulai membuat game tapi tidak punya pengalaman apapun di bidang programming, sebaiknya gunakan aplikasi yang mudah digunakan.

Dua diantara yang paling populer adalah aplikasi Stencyl dan GameMaker. Cara membuat game pada keduanya yang ditujukan untuk pemula dan ada banyak game berkualitas yang dihasilkan oleh kedua aplikasi tersebut.

1. Stencyl

Stencyl

Stencyl adalah salah satu aplikasi termudah membuat game tanpa coding. Antarmuka-nya yang berkonsep drag and drop serta game yang anda buat dapat diekspor ke versi Windows, Mac, Linux, iOS, Android, dan Flash.

Jika anda pernah menggunakan aplikasi Scratch, dengan cepat anda akan merasa familiar dengan adanya pendekatan Stencyl ala LEGO, yaitu membangun code dengan menyusun balok-balok.

Aplikasi Stencyl ini bertujuan agar pembuatan game berbasis sprites menjadi sangat mudah, karena itulah Stencyl banyak digunakan untuk membuat game dengan genre puzzle dan side-scroller.

Susah jika kita mencoba membuat game yang sangat kompleks menggunakan aplikasi Stencyl. Jadi, jika anda ingin membuat game bergenre strategi atau RPG, cobalah aplikasi lain.

Beberapa game populer yang kini dibuat dengan Stencyl adalah Impossible Pixel dan Zuki’s Quest. Jangan khawatir, Stencyl juga menyediakan built-in tutorial yang akan membantu anda membuat game.

2. GameMaker

GameMaker

GameMaker adalah salah satu aplikasi alternatif lainnya yang gratis dan sangat mudah digunakan untuk membuat game ada Windows, Mac, iOS, dan Android.

Seperti Stencyl, hampir semua langkah membuat game sudah dilakukan dengan drag and drop, tapi GameMaker juga menyediakan hooks untuk membuat game multiplayer, menghubungkan SDK eksternal, coding, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

10 Aplikasi Game Untuk Android Terbaru 2021

Versi gratis Game Maker menyertakan watermark saat kita ekspor gamenya, tapi aplikasi ini juga sangat bagus untuk mulai membuat game karena juga dilengkapi banyak tutorial dasar maupun lanjutan.

GameMaker ini lebih serba guna daripada Stencyl di bidang banyaknya style game yang dapat dihandle.

Game populer yang dibuat oleh Game Maker diantaranya ada Spelunky dan Hotline Miami.

Alternatif lain:

  • Buildbox adalah salah satu aplikasi yang masih baru, tersedia versi trial gratis agar anda bisa membuat game pertama yang anda ciptakan.
  • GameSalad adalah salah satu aplikasi pembuat game yang sudah lama dan populer, walaupun ada yang bilang banyak bug dan tidak stabil.
  • Construct juga sangat layak untuk dipertimbangkan jika anda akan membuat game HTML5.

Masalah yang biasa timbul dari opsi tadi adalah keterbatasan. Aplikasi pembuat game tadi ditujukan untuk para pemula, dan akan ada masalah jika anda ingin eksplor lebih lanjut, membuat game yang kompleks. Walau begitu, masih merupakan salah satu permulaan yang bagus untuk anda yang tidak punya pengalaman coding.

Daftar Aplikasi Pembuat Game untuk Pengguna Mid-Level

1. Cocos2D

Cocos2D

Cocos2D adalah salah satu aplikasi open source untuk membuat game 2D.

Game yang sudah selesai anda buat dapat langsung di publish ke platform Windows, Mac, Android, iOS, Windows Phone, atau web.

Membuat game dengan Cocos2D yang berarti anda harus punya fondasi coding bahasa C++ (atau Lua dan JavaScript).

Memang perlu pondasi coding bahasa pemrograman tertentu sebelum bisa bikin game dengan Cocos2D. Jika anda sudah punya basicnya, membuat game dengan Cocos2D akan menjadi lebih mudah, dan dilengkapi juga dengan full IDE.

Sesuai dengan namanya, Cocos2D ini bertujuan untuk membuat game 2D saja, jadi engine ini bekerja cukup maksimal untuk membuat game 2D berbasis sprite yang tidak membutuhkan 3D sama sekali.

Anda juga bisa membuat game 2D dengan Unity, tapi membuat game 2D dengan Cocos2D juga sangat mudah. Cocos2D sudah ‘menelurkan’ banyak game populer, seperti Badland.

Daftar Aplikasi Pembuat Game untuk Pengguna Ahli

Anda ingin membuat game yang lebih kompleks dan sangar seperti game 3D? Unreal Engine dan Unity adalah dua diantara engine lain yang bisa anda dapatkan secara gratis. Keduanya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

1. Unity

Unity

Dengan Unity anda bisa membuat game 2D dan 3D di hampir media manapun (Windows, Mac, Xbox, Playstation, Android, iOS, dll.) dan genre apapun.

Aplikasi Unity juga mendukung impor assets dari 3DS Max, Maya, Softimage, Cinema 4D, Blender, dan masih banyak lagi. Unity menggunakan C# yang berdampingan dengan bahasa pemrograman custom ala Unity.

Diantara Unity dan Unreal, juga banyak yang bilang kalau Unity lebih mudah untuk dipelajari. Bisa jadi karena terdapat banyak prebuilt behaviours dan built-in asset library. Secara konsep, Unity lebih mudah dimengerti dan dipelajari.

Saat ini Unity juga sudah mendukung beberapa moda pembayaran alternatif langsung di engine mereka, terutama untuk moda free-to-play monetization.

Versi gratis nya juga sangat cukup. Anda tidak perlu membayar biaya lisensi atau royalti, walau ada beberapa syarat-syarat. Anda tidak boleh memperoleh lebih dari $100.000 pendapatan total game, jika menggunakan Unity gratisan.

2. Unreal Engine

Unreal Engine

Anda juga dapat merilis game yang akan anda buat dengan Unreal Engine ke PC, Mac, iOS, Android, Xbox One, dan Playstation 4.

Unreal menyediakan hampir semua yang dibutuhkan untuk membuat game, termasuk fitur 3D modeling, landscape systems, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya fitur, mempelajari cara membuat game menggunakan Unreal Engine juga membutuhkan waktu yang sangat lama, walaupun sebelumnya anda sudah ahli bahasa C++.

Beberapa game keren yang sudah dibuat dengan Unreal Engine 4 adalah Daylight dan Tekken 7!

Menggunakan Unreal Engine, anda harus menyetujui royalti yang diterapkan dalam penjualan game yang anda miliki. Anda juga harus membayar royalti 5% jika penjualan mencapai setidaknya $3000/4 bulan.

Aplikasi Gratis Pembuat Game untuk Penulis Cerita

Tidak semua ahli coding, bukan? Walaupun cara membuat game stencyl bisa dibilang gampang, tapi masih ada yang terbilang susah. Yang tipe-tipe seperti itu biasanya cenderung ke narrative storyteller daripada coder.

1. Twine

Twine

Twine adalah salah satu sistem dimana dengan cara yang simpel bisa membantu anda dalam membuat cerita yang interaktif dan non linear.

Cara gampangnya, anda bisa membuat game choose your adventure sendiri. Cara bikin gamenya juga sangat gampang banget.

Anda cukup menghubungkan satu cerita ke cerita lain dengan node yang yang sudah disediakan, seperti membuat mind map. Jika sudah, langsung saja publish game anda ke website.

Cara membuat game seperti visual novel dengan Twine memang cukup mudah, tapi anda bisa juga melihat tutorial dasar Twine jika perlu.

Game populer yang pernah dibuat dengan Twine juga termasuk A Kiss dan Cry$tal Warrior Ke$ha.

Game populer yang pernah dibuat dengan Twine termasuk A Kiss dan Cry$tal Warrior Ke$ha.

2. RPG Maker

RPG Maker

Jika Twine dirasa terlalu jadul atau kuno, cobalah RPG Maker yang satu ini. Versi gratisnya memang tidak se-powerful aplikasi berbayar lainnya, tapi anda bisa berbuat banyak dengan aplikasi pembuat game ini.

Cara pembuatan game pada sistemnya juga sangat mudah untuk dipahami. Anda juga bisa drag and drop grafis, dengan cara menambahkan dialog hanya dalam sekali klik, dan masih banyak lagi.

Jika anda memutuskan membuat game menggunakan RPG Maker, anda sudah difasilitasi dengan assets musik dan art gratis.

Ada juga tutorial cara membuat game di web resminya yang sangat membantu anda dalam pembuatan game. Memang perlu berpikir lebih jika ingin membuat RPG yang sangat rumit.

Contoh gamenya seperti To the Moon, LISA, Clock of Atonement, dan One Night.

Aplikasi Pendukung untuk Membuat Asset Game

Jelas, cara membuat game itu sangat kompleks, tidak butuh engine saja. Elemen penting yang diperlukan dalam membuat game adalah assets.

Baca Juga:

√ 10 Aplikasi Pembuat Game Untuk PC / Laptop Terbaru 2021

Assets ini apa saja? Ada artwork, suara, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa favorit developer game yang telah dikumpulkan DSG:

  • TexturePacker adalah salah satu Aplikasi gratis untuk membuat sprite.
  • Tiled adalah salah satu aplikasi Editor peta sederhana yang kompatibel dengan Cocos2D, Unity, dan lain sebagainya.
  • OpenGameArt adalah Tempat dimana kita bisa download banyak banget assets dan grafis.
  • Free Music Archive adalah Tempat untuk download musik gratis berlisensi Creative Commons.
  • FreeSound adalah Tempat dimana banyak efek suara gratis dan open source.

Itulah beeberapa aplikasi yang diperlukan untuk membuat game sendiri dengan biaya minimum. Memang anda bakal invest hal lain seperti waktu, darah, keringat, dan air mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like