Cara Flash Lenovo A1000 via Research Download

Tuesday, September 28th, 2021 - Mobile

Apakah ponsel lonovo A1000 anda sering bootloop, hang, reboot sendiri, sering force close saat membuka aplikasi atau mengalami berbagai masalah eror lainnya? Tenang saja, anda tidak sendirian! Ada banyak pengguna Lenovo A1000 yang mengalami hal yang sama.

Namun hal tersebut bukan sebuah masalah yang mustahil untuk ditangani. Jika ada beberapa masalah eror yang sering terjadi pada Lenovo A1000 anda, maka saatnya anda bertindak secepat mungkin untuk mencari tahu solusinya seperti apa.

Salah satu solusi terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan flashing, maka akan mengembalikan sistem ponsel seperti baru, biasanya masalah yang sereing di alami seperti bootloop, matot, dan lain sebagainya bisa diatasi.

Cara flash Lenovo A1000 sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Yang terpenting adalah anda harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu untuk melakukan flashing yang memang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki Lenovo A1000 anda.

Berikut ini tutorial cara flash Lenovo A1000 bootloop (mentok logo), matot, hang, hardbrick, dan lain sebagainya.

Berikut Tutorial Cara Flash Lenovo A1000 via Research Download Tool

Cara flash Lenovo A1000 yang saya bagikan kali ini bisa mengatasi semua permasalahan yang ada pada ponsel Lenovo A1000 anda.

Mulai dari permasalahan mati total, mengalami bootloop, sering ngehang dan lemot serta masalah lupa pola atau lupa password yang juga sering terjadi pada Lenovo A1000 anda.

Persiapan Flashing Lenovo A1000

Untuk melakukan flash pada Lenovo A1000, bahan-bahan yang perlu anda siapkan diantaranya:

1. Siapkan kabel USB
2. Siapkan PC/KOmputers WindowsUpgradeDownload.exe


3. Siapkan USB_Driver_Spreadtrum
4. Download Software ResearchDownload / UpgradeDownload Tool
5. Download Firmware Lenovo A1000 S29576_151021_ROW.7z
6. Lakukan backup data (jika masih memungkinkan), karena proses flashing ini akan menghapus seluruh data pada ponsel.

Langkah Flashing Lenovo A1000

Cara flash Lenovo A1000 dapat anda lakukan dengan cara SPD Upgrade Tool atau yang biasa dikenal dengan sebutan ResearchDownload. Langkah – langkah yang dapat anda lakukan dari tutorial ini sebagai berikut:

  • Yang pertama anda perlu melakukan ekstrak terlebih dahulu untuk semua file yang sudah anda download di atas yang terdiri dari driver, ResearchDownload dan firmware.
  • Langkah selanjutnya install USB Driver Spreadrum pada PC/komputer anda agar nantinya ponsel bisa terdeteksi pada flashtool.
  • Selanjutnya anda buka folder SPD Upgrade Tool dan jalankan tool UpgradeDownload.exe tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih Run as Administrator.

UpgradeDownload.exe

  • Jika folder sudah terbuka, tampilannya akan seperti di bawah ini.

klik icon gear

  • Langkah yang selanjutnya klik “Load Packet” (icon gear) lalu cari file .pac yang berada di folder hasil ekstrak firmware (A1000_USR_S29576_1510212227_SPRD7731_ROW.pac).

A1000_USR_S29576_1510212227_SPRD7731_ROW.pac

  • Lalu masuk pada menu settings, pilih select all files dan biarkan pengaturannya default saja.
  • Selanjutnya matikan smartphone Lenovo A1000 anda atau juga bisa melepaskan baterainya.
  • Kemudian sambungkan kabel USB ke PC atau komputer (jangan sambungkan kabel USB ke HP dulu).
  • Setelah itu klik “Start Downloading” (logo play).

Start Downloading

  • Selanjutnya sambungkan Lenovo A1000 anda dengan kabel USB (yang tadi sudah tercolok ke PC) dalam kondisi mati dan baterainya terpasang sembari anda tekan tombol volume (+).
  • Lepaskan tombol volume (+) jika sudah muncul tulisan “Downloading…” di bagian kolom progress. Tool Upgrade Download nantinya akan segera memulai proses untuk flashing.
  • Lama waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 10 sampai 15 menit. Ketika proses flashing berjalan dengan lancar, maka akan mudah dan cepat juga finishnya.
  • Jika muncul tulisan “Passed“, artinya proses flash sudah selesai dan ponsel bisa anda gunakan sebagaimana mestinya.

Passed

Sebagai salah satu informasi, ketika anda sudah klik “Start Downloading” akan tetapi belum ada respon, maka ada kemungkinan terjadi masalah dengan koneksi smartphone anda dengan PC atau laptop.

Agar bisa segera mengatasi hal tersebut, yang perlu anda cek adalah konektor pada USB smartphone anda atau juga bisa simak artikel Cara Flash Lenovo A6000 Melalui Via Flashtool QFIL.

Anda harus memastikan terlebih dahulu sebelum proses flashing berjalan bahwa konektor USB Lenovo A1000 yang akan anda gunakan benar – benar dalam kondisi baik. Jika kabel USB bermasalah, ganti dengan yang lain atau jika perlu install ulang USB Driver nya juga.

Demikianlan tutorial cara flashing Lenovo A1000 via Research Download, semoga panduan flashing lenovo A1000 ini bisa diikuti dan dipraktikkan tanpa adanya kendala sediktpun. Selamat mencoba, semoga berhasil! Dan jangan lupa share artikel ini jika menurut anda sangat bermanfaat.

Cara Flash Lenovo A1000 via Research Download | Ryan Ardhy | 4.5