Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Dengan Mi Flash Tool Via PC

Wednesday, January 19th, 2022 - Mobile

Untuk anda yang memang berniat ingin melakukan flashing atau install ulang Xiaomi Redmi 5A dengan cara menggunakan Mi Flash Tool di PC atau Laptop juga bisa mengikuti tutorial yang saya coba jelaskan secara lengkap di bawah ini.

Flash atau install ulang sebuah firmware pada smartphone Android kini ada 2 cara umum yang biasa dilakukan, yaitu melalui Recovery atau TWRP dan lewat Flash Tool PC.

Rata-rata vendor atau perusahaan pembuat Hp yang baik, akan selalu melayani penggunanya. Mereka tidak hanya melengkapi service center saja, akan tetapi juga menyediakan firmware untuk di flash dengan cara melalui Recovery atau PC.

Untuk pendapat pribadi, salah satu dari vendor yang baik adalah Xiaomi, dimana mereka selain mengizinkan untuk Unlock Bootloader, mereka juga menyediakan firmware beserta tool Mi flash yang bisa anda gunakan untuk melakukan flashing perangkat Android mereka.

Download Bahan

Mi Flash Tool 7.4.25

Install software Xiaomi flash tool ini di PC atau Laptop anda menggunakan Windows. Setelah selesai terinstall, Restart terlebih dahulu PC atau Laptop anda tersebut.

Firmware ROM MIUI Fastboot Redmi 5A

Silahkan anda pilih salah satu ROM Fastboot yang ada disitu, ada MIUI 9, MIUI 10 dan ada MIUI 11. Setelah itu anda extract ROM Fastboot dengan menggunakan software WinRAR atau 7zip di drive C:\.

Jika semuanya sudah siap, sekarang anda akan memulai proses flashing Redmi 5A, akan tetapi perlu anda ketahui terlebih dahulu, apakah Xiaomi anda belum di Unlock Bootloader tidak akan bisa melakukan flash. Bagi yang belum terpaksa harus test point terlebih dahulu.

Cara Flash Redmi 5A Menggunakan Mi Flash Tool

Untuk anda yang menggunakan smartphone Redmi 5A yang belum tahu apa itu flashing menggunakan Mi Flash Tool, disini saya akan memberikan tutorialnya.

Untuk mengikuti panduan ini pastikan anda memiliki perangkat PC atau Laptop.

1. Pertama, masuk ke menu Fastboot Mode dengan cara matikan Redmi 5A anda terlebih dahulu, baru kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan, tahan sejenak sampai masuk ke Fastboot Mode.

masuk ke menu Fastboot

2. Sekarang jalankan Mi Flash Tool lalu klik tombol Select yang berada di bagian atas, kemudian pilih folder ROM Fastboot yang telah anda extract di drive C:\ tadi. Dan pada bagian bawah, pilih Clean All.

Sekarang jalankan Mi Flash Tool dan klik tombol Select

Dan pada bagian bawah pilih Clean All.

3. Selanjutnya hubungkan Redmi 5A anda ke PC dengan cara menggunakan kabel USB. Pastikan anda menggunakan kabel USB asli dari bawaan Xiaomi atau kabel dengan kualitas yang cukup baik.

4. Jika sudah terdeteksi dengan baik di PC, di Mi Flash Tool akan muncul id dan device anda. Jika tidak muncul coba klik tombol Refresh.

Kalau tidak muncul coba klik tombol Refresh

5. Langkah berikutnya, klik tombol Flash dan flashing akan segera berjalan. Hal ini akan terlihat dari progress bar yang berwarna hijau, silahkan tunggu sampai selesai.

Langkah berikutnya, klik tombol Flash

6. Proses flashing ini memakan waktu antara 15 sampai 20 menit bahkan terkadang juga bisa lebih. Jika proses flash telah selesai akan terlihat status Success pada Mi Flash dan juga otomatis Redmi 5A anda akan Reboot dengan sendirinya.

Kalau proses flash telah selesai akan terlihat status Success pada Mi Flash

7 Jika tidak otomatis Reboot, coba cabut kabel USB dan tekan tombol Power yang lama sampai bergetar.

Proses Reboot akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya, jika sudah berhasil pastinya saat ini anda sudah bisa menggunakan Redmi 5A dengan normal kembali.

Hal-hal yang sering ditanyakan

Bagaimana cara flashing tanpa Unlock Bootloader atau dalam kondisi Mati Total?

Jika memang sampai saat ini anda belum melakukan UBL (Unlock Bootloader) atau Redmi 5A mengalami Hardbrick (MATOT), jalan satu-satunya adalah dengan cara melakukan Test Point.

Caranya buka cover Redmi 5A anda, kemudian siapkan peniti atau kawat yang sudah dilengkungkan, selanjutnya hubungkan ke 2 titik yang ada di lingkaran yang saya tandai, tahan (jangan sampai lepas atau bergeser) dan sambungkan HP anda ke PC dengan kabel USB.

Jika masih belum terdeteksi, cabut kabel USB dan coba lagi cara tersebut dan pastikan tepat menyentuh kedua titik tersebut.

Jika sudah terdeteksi, lepaskan kawat atau peniti yang tadi dan lakukan flashing seperti cara diatas.

Caranya buka cover Redmi 5A, kemudian siapkan peniti atau kawat yang dilengkungkan

Kenapa Redmi 5A tidak bisa terbaca di Mi Flash Tool?

Coba saja anda klik menu Driver yang ada di Mi Flashtool, setelah itu klik Install atau Reinstall kemudian Reboot PC/Laptop anda atau juga bisa membaca artikel Cara Flash Xiaomi Redmi 4A Dijamin WORK 100%.

Mungkin tutorial yang ada di atas dapat anda aplikasikan untuk tipe lain seperti Xiaomi Redmi 5 atau Redmi 5 Plus tetapi dengan ROM yang sesuai. Sekian dari kami, semoga bisa membantu anda. Jika ada pertanyaan bisa tulis komentar dibawah ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Dengan Mi Flash Tool Via PC | Ryan Ardhy | 4.5