Cara Flashing Vivo Y15 Via Flashtool

Sunday, October 10th, 2021 - Mobile

Flashing adalah salah satu proses instal ulang pada Ponsel Smartphone dengan tujuan untuk memperbarui Software yang ada pada Ponsel tersebut.

Jika membahas mengenai tentang Flashing pada Smartphone, pastinya banyak sekali alasan mengapa Ponsel tersebut harus di Flashing atau di instal ulang.

Sebenarnya banyak sekali masalah yang sering terjadi pada Smartphone Vivo Y15 ini, yang sangat sering terjadi pada Ponsel ini adalah kegagalan saat Booting atau terkena Virus.

Ponsel Vivo y15 ini umumnya sangat sering terkena Virus, seperti Virus Sexy Hot. Virus seperti ini sangat berbahaya bagi Smartphone anda, karena Virus jenis ini akan menginstal sebuah aplikasi tanpa anda ketahui.

Jika Virus ini tidak anda hilangkan dari Ponsel, maka penyimpanan pada Ponsel anda akan dipenuhi oleh Aplikasi-Aplikasi yang tidak pernah anda instal sebelumnya.

Virus ini juga akan menampilkan beberapa iklan dewasa pada Ponsel anda. Jenis iklan yang ditampilkan adalah iklan pop up, iklan jenis ini akan membuat Ponsel anda menjadi berat atau lemot.

Bootloop adalah kegagalan saat menghidupkan Ponsel, jika ini terjadi pada ponsel anda, maka Ponsel tersebut tidak akan sampai ke menu Home karena setelah dihidupkan Ponsel hanya menampilkan Logo saja.

Bootloop ini terjadi karena ada kerusakan pada Software yang ada pada Smartphone Vivo Y15 Tersebut. Ciri-ciri Bootloop adalah saat Ponsel dinyalakan hanya mentok pada Logo Vivo saja atau setelah sampai di Logo, Ponsel akan restart dengan sendiri. Jika ciri-ciri ini sudah terjadi pada Ponsel Vivo Y15 yang anda miliki, Kemungkinan besar Ponsel anda mengalami Bootloop.

Jika Ponsel anda sedang mengalami Bootloop, langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan Hard Reset, apabila sudah melakukan Hard Reset tetapi Ponsel masih mengalami Bootloop silakan anda lakukan Flashing Pada Ponsel tersebut.

Sebelum melakukan Flash sebaiknya terlebih dahulu Backup data-data penting anda yang ada di dalam Smartphone Vivo Y15, karena saat melakukan Flashing maka Ponsel akan di format ulang. Apabila Ponsel masih bisa dihidupkan, sebaiknya anda backup terlebih dahulu data-data yang menurut anda sangat penting.

Jika anda ingin mengetahui cara Flashnya, silahkan ikuti Tutorial Flashing Vivo Y15 via SP Flashtool di bawah ini.

Cara Flash Vivo Y15 via SP Flashtool

Sebelum melakukan Proses Flashing menggunakan SD Card, sebaiknya anda pastikan dulu Baterai Ponsel harus terisi dengan cukup ( saran saya 50% keatas ), ini untuk menghindari kegagalan saat proses Flashing dimulai karena kehabisan daya. Hal ini sangat penting, karena kita dapat meminimalisir terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan pada Ponsel Vivo Y15.

Persiapan Tools dan File

Silahkan anda siapkan terlebih dahulu Tools dan File yang dibutuhkan dibawah ini:

  • Komputer/Laptop
  • Kabel Data atau Kabel USB ( silakan anda gunakan kabel bawaan Ponsel “jika ada”).
  • Firmware Vivo Y15. Kemudian Extract File Firmwarenya.
  • SP Flashtool. Sebaiknya anda Pilih SP Flashtool Versi Terbaru.
  • USB Driver Mediatek. Dan instal Driver USB tersebut.

Setelah semuanya di persiapkan dan sudah anda Download, langkah selanjutnya silahkan anda pahami dengan cermat dan teliti cara Flashingnya di bawah ini, jika anda sudah paham baru lakukan Flashing.

Tahapan Flashing Vivo Y15

1. Langkah yang pertama adalah menjalankan SP Flashtool. Dengan cara membuka folder SP Flashtool yang telah anda Download tadi, kemudian cari File flash_tool.exe, setelah itu klik kanan pada file tersebut lalu pilih “Run as administrator”.

kemudian cari File flash_tool.exe, setelah itu silakan Anda klik kanan pada file tersebut lalu pilih "Run as administrator".

2. Apabila aplikasi SP Flashtoolnya sudah terbuka, selanjutnya anda klik pada Tab download. Lalu klik pada Scatter-Loading file dan masukan file scatter, file ini berada pada folder firmware Vivo Y15 yang telah anda download tadi.

Lalu anda klik pada Scatter-Loading file dan masukan file scatter, file ini berada pada folder firmware Vivo Y15 yang telah anda download tadi.

3. Tunggu sampai file Scatter memuat, apabila file scatter sudah memuat langkah selanjutnya anda centang pada preloader lalu klik tombol download (seperti gambar di bawah ini).

Tunggu sampai file Scatter memuat, apabila file scatter sudah memuat silakan Anda centang pada preloader selanjutnya klik tombol download (seperti gambar di bawah ini).

4. Selanjutnya matikan Ponsel dengan cara mencabut Baterainya.

5. Sambungkan Ponsel ke Komputer atau Laptop menggunakan kabel USB yang telah dipersiapkan di awal tadi sambil menekan Volume UP, tahan Volume UP nya sampai Komputer mendeteksinya (biasanya pada SP Flashtool akan muncul bar yang warna merah). sampai disini Proses Flashing sedang berjalan, silahkan anda tunggu sampai Flashnya selesai.

6. Jika proses Flashingnya sudah selesai, maka akan muncul lingkaran yang berwarna hijau (Download OK) Ini menandakan bahwa proses flashing sudah selesai.

Jika proses Flashingnya sudah selesai, maka akan muncul lingkaran hijau (Download OK) Ini menandakan bahwah proses flashing telah selesai.

7. Jika proses Flashing selesai, silahkan anda tutup aplikasi SP Flashtoolnya kemudian lepaskan Kabel USB dari Komputer atau Laptop anda. Sekarang silahkan anda nyalakan Ponsel Vivo Y15 seperti semula.

8. Biasanya setelah Flashing proses Booting memakan waktu yang cukup lama, ini dikarenakan Ponsel menyesuaikan dengan ROM baru, jadi silahkan anda tunggu saja sampai Booting selesai.

Demikianlah Artikel yang dapat kami sampaikan mengenai tentang Cara Flashing Vivo Y15 Via Flashtool, semoga artikel ini bisa membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada Ponsel anda atau juga bisa simak artikel Cara Flash Samsung Galaxy V dan Galaxy V Plus Via Sd Card.

Apabila anda mengalami kesulitan saat melakukan proses Flashing Vivo Y15, jangan segan untuk bertanya kepada kami melalui kolom komentar. Kami akan selalu membalas semua pertanyaan-pertanyaan dari anda semua dari kolom komentar blog ini.

Cara Flashing Vivo Y15 Via Flashtool | Ryan Ardhy | 4.5