Cara Membuat Channel Youtube untuk Pemula

Monday, August 9th, 2021 - Social Media

Apakah anda sedang mencari tutorial cara membuat channel youtube? Jika memang begitu, maka anda sedang berada di tempat yang tepat.

Youtube memang masih menjadi salah satu streaming platform yang paling terkenal saat ini. Lebih dari 30 juta orang menghabiskan waktunya disetiap hari hanya untuk menonton video di youtube.

Untuk sebagian orang, youtube hanyalah sebuah platform hiburan gratis saja yang berisi konten menarik.

Namun bagi yang lainnya, youtube menjadi cara untuk memulai bisnis online dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Mungkin saja anda pernah berpikir untuk membuat channel youtube akan tetapi bingung harus mulai dari mana.

Pada artikel ini kami akan membahas cara membuat channel youtube dan menghasilkan uang tambahan dengan aman. Langsung saja kita mulai.

Cara Membuat Channel Youtube Termudah

Sebenarnya membuat channel youtube sangatlah mudah. Namun, membuat channel youtube yang menghasilkan uang pastinya membutuhkan banyak waktu dan usaha.

Berikut beberapa cara membuat channel youtube terbaik yang dapat anda coba untuk membuat channel youtube dengan sukses.

Siapkan Perlengkapan Video yang Layak

Siapkan Perlengkapan Video yang Layak

Seperti yang sudah anda ketahui, youtube adalah sebuah platform streaming yang berfokus pada hiburan video.

Hal yang terpenting adalah siapkan terlebih dahulu peralatan rekam video yang layak sebelum membuat channel youtube.

Semenarik apapun konten anda, jika kualitas produksi video buruk, maka banyak penonton yang merasa kecewa dan tidak akan meneruskan untuk menonton video anda.

Peralatan yang diperlukan untuk menonton video youtube yang berkualitas pun juga akan bergantung pada jenis konten yang anda inginkan.

Misalnya jika anda ingin membuat video lifestyle dirumah, kamera digital, mikrofon, dan sedikit pencahayaan mungkin kami rasa sudah cukup.

Namun, jika anda membuat travel vlog atau video di luar ruangan, kemungkinan anda akan membutuhkan kamera portabel dan mikrofon dengan peredam suara untuk memblokir suara di sekitar anda.

Tentukan Topik dan Tujuan Konten

Tentukan Topik dan Tujuan Konten

Lebih dari 500 jam video yang akan diunggah untuk setiap menitnya. Ini berarti anda hanya mengunggah video tanpa strategi yang kurang tepat, peluang untuk menarik perhatian penonton juga pastinya tidak banyak.

Untuk menarik penonton dan menjadi lebih menonjol dari channel YouTube yang lainnya, anda harus menentukan topik dan niche yang spesifik dari channel yang akan anda buat.

Misalnya ingin fokus membuat konten berjenis vlog, anda harus memilih apakah vlog tersebut akan berfokus pada travel, beauty, maupun hal lainnya.

Dengan menggunakan cara ini, anda bisa lebih fokus pada target audiens yang lebih spesifik.

Buat Akun Youtube

Buat Akun Youtube

Sesudah menyiapkan peralatan video recording dan memutuskan nice konten youtube, saatnya membuat akun youtube.

Untuk caranya cukup mudah, anda hanya perlu membuka website Youtube.com dan masuk menggunakan akun Google anda atau anda juga bisa membaca artikel Aplikasi Edit Video Vlog Terbaik Untuk Pemula Youtuber.

Pada beranda youtube, klik profil di bagian sudut kanan atas layar dan tekan tombol Create an account.

Selanjutnya, anda akan mendapatkan pilihan untuk menggunakan nama pengguna akun google anda atau membuat akun baru.

Unggah Video Secara Konsisten

Unggah Video Secara Konsisten

Salah satu kunci channel YouTube sukses adalah konsistensi. Setelah anda selesai mengunggah video dan mendapatkan audiens,

Jadwal upload yang sangat konsisten dapat memberitahu subscriber anda kapan harus kembali ke channel anda.

Hampir semua YouTuber terkenal karena memiliki jadwal upload yang sangat konsisten.

Menjadi Mitra YouTube dan Peroleh Pendapatan Iklan

Menjadi Mitra YouTube dan Peroleh Pendapatan Iklan

Jika channel youtube anda sudah terlihat mulai berkembang, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan program kemitraan youtube melalui Google Adsense.

Program ini dapat memungkinkan anda untuk memasukkan iklan ke video youtube dan mendapatkan pendapatan tambahan dari iklan tersebut.

Ada dua jenis monetisasi yang ditawarkan oleh youtube. Pertama yang bernama CPM (cost per thousand impressions) dan PPC (pay per click).

CPM ini memberikan anda penghasilan setiap 1,000 impression video yang anda dapatkan. Sedangkan untuk PPC, menghitung jumlah klik yang didapatkan iklan pada video youtube tersebut.

Jika permintaan kerja sama anda dengan Google sudah disetujui, maka anda bisa memulai monetisasi konten video youtube anda.

Perlu anda ingat, bahwa Google Adsense memiliki kebijakan revenue sharing yang dimana anda akan mendapatkan 68% dari hasil iklan keseluruhan.

Untuk diterima dalam program mitra YouTube dan mulai menghasilkan uang, terlebih dahulu anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Memiliki lebih dari 1.000 pelanggan.
  • Memiliki Akun Google Adsense.
  • Mencapai 4.000 jam tayang selama 12 bulan atau satu tahun.
  • Tinggal di daerah yang memenuhi syarat.

Gunakan Strategi Terbaik untuk Tetap Relevan

Gunakan Strategi Terbaik untuk Tetap Relevan

Banyaknya content creator dan YouTub ini, dapat mempertahankan relevansi anda di platform video tersebut dan itu pun membutuhkan banyak usaha.

Berikut strategi terbaik agar tetap relevan di youtube:

  • Gunakan thumbnail yang menarik

Thumbnail adalah hal pertama yang dilihat penonton saat menemukan video youtube anda, untuk itu anda harus mempunyai thumbnail agar bisa menarik perhatian dan mewakili konten dari video tersebut.

  • Pilih keyword dan tag yang tepat

Untuk memastikan video anda mendapatkan peringkat tinggi pada pencarian YouTube, terlebih dahulu terapkan kata kunci dan tag yang relevan. Anda bisa gunakan service online seperti keywordtool.io.

  • Berkolaborasi dengan YouTuber lain

Berkolaborasi dengan YouTuber menggunakan niche yang sama, maka anda akan menambahkan jangkauan dan eksposur konten anda.

  • Tambahkan subtitle ke video Anda

Subtitle dalam berbagai bahasa dapat memungkinkan video untuk menjangkau audiens lebih luas, anda dapat dengan mudah menambahkan subtitle ini sendiri atau mengizinkan subscriber untuk melakukannya.

  • Buat evergreen content

Mengikuti tren terbaru memang bisa membuat video youtube anda menjadi viral, namun hal ini biasanya akan cepat susut dibandingkan dengan evergreen konten yang akan selalu relevan.

Buka Membership Channel YouTube Anda

Buka Membership Channel YouTube Anda

Cara lain agar bisa menghasilkan uang di youtube adalah dengan membuat membership eksklusif untuk channel youtube anda.

Opsi membership dapat memungkinkan pelanggan anda mendapatkan rencana, emoji, video eksklusif, dan barang lain yang anda tawarkan.

Untuk mengaktifkan membership, anda harus memiliki kurang lebih 30.000 pelanggan untuk channel reguler dan 1.000 subscriber untuk channel gaming.

Gunakan Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran di YouTube yang umumnya mempromosikan produk dan merek melalui tautan yang akan memberikan anda komisi di setiap pembelian.

Untuk mendaftar program pemasaran afiliasi ini anda dapat mendaftar ke program afiliasi seperti Amazon Affiliate atau hubungi brand dan bisnis secara langsung untuk kemitraan.

Itulah tutorial cara membuat channel youtube dan mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut adalah rengkap singkatnya:

  • Siapkan perlengkapan video yang layak.
  • Tentukan topik dan tujuan konten.
  • Buat akun youtube anda dan jangan lupa lengkapi informasi yang dibutuhkan.
  • Unggah video secara konsisten.
  • Menjadi mitra youtube dan peroleh pendapatan iklan.
  • Gunakan strategi terbaik untuk tetap relevan.
  • Buka membership channel anda.
  • Gunakan affiliate marketing.

Bagaimana, apakah anda sekarang tertarik untuk membuat dan mendapatkan penghasilan tambahan dari youtube?

Sebagai konten creator, tentunya anda akan membutuhkan sebuah website untuk menjadi portofolio maupun landing page brand anda.

Cara Membuat Channel Youtube untuk Pemula | Ryan Ardhy | 4.5