Cara Membuat Google Form di WordPress Terbaru 2021

Wednesday, October 27th, 2021 - Web

Google Form sangat mudah untuk anda pasang di mana pun. Fitur ini sangat berguna untuk anda ketika ingin membagikan form di beberapa website.

Ada banyak kemudahan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan Google Form ini. Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data dari pelanggan melalui newsletter dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas layanan bisnis anda.

Bahkan untuk anda yang masih belajar dasar dalam menggunakan WordPress, saya yakin tidak akan merasa kesulitan ketika menggunakan Google Form di WordPress.

Untuk artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat Google Form di WordPress dengan mudah dan sesederhana mungkin. Semoga artikel yang akan kami bahas kali ini bisa anda pahami dan bisa mengikutinya dengan baik.

Berikut ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai tentang apa itu Google Form dan kenapa anda harus menggunakannya.

Apa itu Google Form?

Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang mempunyai fungsi untuk membuat berbagai formulir online secara gratis.

Google Form ini bisa anda gunakan untuk membuat formulir online, formulir pendaftaran, kuis, survey. Anda juga bisa memanfaatkan Google Form ini untuk mengumpulkan email dari pengunjung yang ingin berlangganan di newsletter. Email yang anda kumpulkan bisa menjadi data untuk mengembangkan bisnis yang sedang anda jalankan melalui newsletter yang dikirimkan kepada mereka.

Layanan Google Form ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai bisnis online. Layanan yang satu ini sangat berguna untuk membantu berbagai macam pekerjaan. Anda bisa melakukan survei dengan mudah mengenai tentang kualitas produk yang anda tawarkan, mendapatkan feedback dari pelanggan anda, dan mengumpulkan berbagai macam informasi pelanggan melalui situs online yang anda gunakan.

Supaya bisa memberikan manfaat, anda dapat mengkombinasikan antara Google Form dengan WordPress.

Kenapa Menggunakan Google Form?

WordPress sendiri sudah mempunyai plugin, cara kerjanya juga hampir sama dengan Google Form, seperti Contact Form 7 dan WP Form. Namun, untuk kedua plugin ini harus menyimpan data pengunjung ke dalam database.

Padahal, untuk tujuan menggunakan fitur seperti Contact Form 7, dan WP Form adalah mengumpulkan data pengunjung yang cukup banyak. Jika data pengunjung yang masuk sedikit, hal itu belum sangat berpengaruh pada server website. Dan jika data pengunjung yang masuk banyak lalu anda simpan ke database, dalam jangka waktu panjang akan mempengaruhi sistem kinerja website.

Solusi untuk mendapatkan data dan informasi pengunjung yang banyak serta tidak mempengaruhi server adalah dengan cara menggunakan Google Form.

Seluruh data yang masuk ke Google Form tidak akan disimpan ke dalam server website, melainkan disimpan ke server Google (Google Drive). Dan anda tidak perlu menggunakan database website untuk menyimpan berbagai macam informasi dari pengunjung yang masuk melalui form.

Penyimpanan data di Google Drive akan lebih aman ketika terjadi masalah pada website. Selain itu, anda bisa menggunakan data yang masuk di Google Drive untuk website lain tanpa harus mengambilnya dari database.

Google Form tidak hanya dapat mengambil tugas yang seharusnya membebani server saja, anda juga bisa mengakses Google Form dari mana saja sekaligus mempunyai tampilan antarmuka yang sangat mendukung penggunaan perangkat mobile sehingga bisa anda akses dari mana saja.

Tutorial Membuat Google Form di WordPress

Untuk tutorial membuat Google Form di WordPress ini caranya hampir sama ketika anda sedang membuat Google Form yang biasa. Hanya saja, anda perlu menambahkan kode embed Google Form ke dalam WordPress tersebut.

Anda bisa mengikuti panduan untuk membuat Google Form di bawah ini sampai dengan menambahkannya di WordPress.

1. Membuat Google Form Baru

Membuat Google Form Baru

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah terlebih dahulu anda buka website Google Form. Atau jika anda masuk melalui Google Drive, klik saja “New » More » Google Forms » From a Template”.

Anda bisa memilih opsi “Blank Form” jika ingin membuat form sesuai dengan keinginan anda masing-masing.

2. Pemilihan Template

Pemilihan Template

Pada bagian selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih salah satu template. Di dalam halaman ini Google sudah menyediakan berbagai macam template secara gratis untuk anda. Sesuaikan saja template dengan kebutuhan anda masing-masing.

3. Mengisi Judul dan Deskripsi

Mengisi Judul dan Deskripsi

Sebagai contoh, di sini saya akan memilih template “Event Feedback”. Anda akan diminta untuk memasukkan judul dan deskripsi pada form. Isikan sesuai tujuan dari pembuatan Google Form.

Di bagian bawah, anda dapat memasukkan berbagai macam opsi yang nantinya akan diisi oleh pengunjung, seperti contohnya jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, dropdown, tanggal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Google Form dapat memberikan anda berbagai macam pilihan untuk mengubah jenis pertanyaan dan jawaban.

4. Salin Kode Embed

Salin Kode Embed

Jika anda sudah selesai membuat formulir, klik tombol “Send” yang ada di pojok kanan atas dan anda akan melihat jendela Send Form.

Selanjutnya anda klik icon embed (< >), kemudian klik “Copy” untuk menyalin kode HTML. Anda dapat mengatur form menggunakan opsi Width dan Height yang sudah tersedia di jendela Send Form.

Jika anda lihat, di sini ada icon Facebook dan juga icon Twitter. Ini adalah salah satu keunggulan lain dari Google Form. Anda dapat dengan mudah membagikan form menggunakan Facebook dan juga Twitter sehingga pengikut akun bisnis anda di sosial media juga bisa mengisi form secara online.

5. Memasukkan Form ke WordPres

Memasukkan Form ke WordPres

Supaya form anda bisa muncul di halaman WordPress, terlebih dahulu anda paste kode embed yang sudah disalin tadi ke dalam text editor WordPress. Jika saja anda menggunakan Classic Editor, akan ada pilihan “Text”. Cukup paste di tempat yang anda kehendaki saja.

Namun, bagi pengguna Gutenberg, cukup klik icon “+” di text editor, kemudian pilih Embed. Selanjutnya masukkan baris kode HTML yang tadi sudah anda salin dari Google Form.

Sampai di sini anda sudah berhasil dan bisa membuat Google Form di WordPress. Anda juga bisa mengecek hasilnya dengan cara melakukan “Preview” sebelum menerbitkannya.

Google Form cukup fleksibel jika anda gabungkan dengan WordPress. Cara penggunaannya juga cukup mudah dan sederhana. Cukup menggunakan akun Google Drive dan mengambil kode embed di dalamnya kemudian anda masukkan ke WordPress atau anda juga bisa membaca artikel Cara Membuat Akun WiFi ID Gratis di Android.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam membuat Google Form WordPress dengan sangat mudah. Di saat sedang praktek, terkadang anda mengalami permasalahan yang tidak terduga, jangan sungkan untuk menanyakan kepada kami dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Terimakasih dan selamat mencoba.

Cara Membuat Google Form di WordPress Terbaru 2021 | Ryan Ardhy | 4.5