Begini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang di Hack

Wednesday, September 15th, 2021 - Social Media

Saat ini media sosial Instagram menjadi sangat populer. Semakin populernya dan menjadikan sasaran utama para peretas yang melakukan berbagai cara untuk hack akun para pengguna Instagram.

Sebagai salah satu media sosial yang sangat booming, Instagram adalah sarang terbaik untuk dihack. Bahkan tidak terhitung berapa akun Instagram yang sudah di hack alias dibobol oleh orang lain.

Mulai dari artis, selebgram atau yang lainnya pasti pernah di hack oleh para hacker dengan berbagai tujuan.

Ketika anda kehilangan akses akun Instagram, entah karena diretas, dinonaktifkan atau bahkan dihapus, maka akan terasa seperti mimpi buruk. Putus koneksi dari teman adalah hal biasa.

Namun jika kehilangan koleksi foto dan video selama bertahun-tahun, itulah bencana untuk kita sendiri. Untungnya, ada beberapa kasus bukanlah suatu hal yang sulit untuk mendapatkan kembali akun Instagram yang sudah dihapus, di-disable, bahkan di-hack.

Kenapa Akun Instagram Bisa Ke Hack?

Pastinya anda bertanya-tanya, kenapa akun Instagram bisa kena hack. Padahal tidak ada yang keliru untuk setiap penggunaannya.

Nah, bisa jadi alasan tersebut adalah karena adanya beberapa hal yang kurang anda perhatikan di bawah ini:

1. Kena Phising

Kemungkinan anda pernah masuk atau login melalui link Web Phising.

Web Phising adalah sebuah situs web yang tampilannya sangat mirip dengan aplikasi Instagram. Namun sebenarnya adalah jebakan untuk mengambil data login akun anda. Karena sangat mirip, maka anda tidak menyadarinya.

2. Kata Sandi Lemah

Bisa juga karena kata sandi akun anda terlalu lemah. Penggunaan password atau kata sandi yang terlalu umum dan pasaran tentu saja memudahkan para hacker untuk menebaknya.

Memang password yang umum sangat mudah digunakan akan tetapi beresiko sangat tinggi untuk di bajak.

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang di Hack

Kebanyakan orang merasa bingung dan panik ketika akun Instagram-nya sudah terkena hack. Padahal ada cara untuk mengembalikan akun Instagram yang sudah terkena hack, untuk caranya sangat mudah.

Apakah anda ingin tahu bagaimana cara mengembalikan akun instagram yang di hack? Tanpa mengulur waktu, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

1. Membuka Situs help.instagram.com

Membuka Situs help.instagram.com

Jika akun Instagram anda di hack, maka jangan ragu untuk meminta bantuan via help.instagram.com lalu pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.

Setelah itu, maka akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dan anda perlu mengisinya dengan benar.

2. Pilih menu “Impersonation Account”

Pilih menu "Impersonation Account"

Sama seperti cara pertama, hanya saja pilih menu “Impersonation Account” untuk melaporkan bahwa akun anda diambil oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Perlu di ingat, melaporkan akun Instagram yang di hack menggunakan cara seperti ini, anda di wajibkan untuk mengisi form yang sudah disediakan dengan email lengkap untuk mendaftar awal ke Instagram.

Selain itu, pastikan akun Instagram anda sudah di ganti nama atau belom. Jika sudah di ganti nama, maka wajib memasukkan nama yang sekarang anda gunakan agar pihak Instagram bisa membantu mengembalikan akun Instagram anda dengan mudah.

3. Selesai lapor, akun Instagram anda akan hilang

Selesai lapor, akun Instagram anda akan hilang

Tidak usah panik terlebih dahulu, itu memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akun yang anda gunakan. Anda tidak akan bisa mencari nama akun anda sendiri di kolom pencarian dan saat mengetik nama, maka akun anda akan muncul “user not found”.

Ingat, saat nama akun anda tidak bisa ditemukan, jangan coba-coba mendaftar lagi di Instagram dengan nama akun yang sama. Karena, itu dapat membuat pihak Instagram menjadi bingung dan membuat anda seakan-akan jadi pihak hack akun Instagram.

4. Jangan bosan untuk selalu cek email

Jangan bosan untuk selalu cek email

Selalu cek inbox email anda, apakah ada pesan masuk dari pihak Instagram terkait laporan. Jika memang ada email masuk dari Instagram maka segera ikuti langkahnya.

Biasanya pihak Instagram akan meminta anda untuk melakukan instruksi seperti: tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kertas putih. Kemudian foto wajah anda sendiri dan kertas putih untuk memverifikasi bahwa anda memang pemilik akun asli.

Usahakan posisi wajah anda sesuai dengan foto yang pernah di upload di Instagram atau mirip dengan foto profil Instagram anda.

5. Instagram akan mengirim email terkait form

Instagram akan mengirim email terkait form

Setelah mengirim balasan email yang terkait verifikasi data diri, maka selanjutnya pihak Instagram sekali lagi mengirimkan form yang harus anda isi data diri terutama foto atau copy ID. Balas dan isi email dengan teliti. Jangan sampai ada informasi penting atau kolom yang tidak terisi.

6. Bersabar menunggu balasan pihak Instagram

Bersabar menunggu balasan pihak Instagram

Biasanya sekitar 4 sampai 7 hari pihak Instagram akan membalas dan mengembalikan akun anda. Tandanya jika akun anda sudah kembali adalah munculnya username anda sendiri di kolom Pencarian.

Ikuti langkah pemulihan akun anda sesuai dengan email balasan terakhir dari pihak Instagram dan anda sudah siap kembali menggunakan akun Instagram seperti semula lagi.

Gimana, sangat mudah bukan? Meski prosesnya lumayan lama tapi sangat worth it untuk mengembalikan akun Instagram.

Coba saja praktikkan, siapa tahu suatu saat akun anda terkena hack lagi atau anda juga bisa membaca artikel Cara Mengatasi Instagram Keluar Sendiri.

Demikian artikel singkat yang dapat saya sampaikan mengenai tentang cara mengembalikan akun Instagram yang di Hack. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sekian dan terimakasih.

Begini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang di Hack | Ryan Ardhy | 4.5