10 Cara Menjadi Selebgram dan Mendapatkan Endors untuk Pemula

Friday, September 17th, 2021 - Social Media

Saat ini ada banyak orang yang ingin tahu cara jadi selebgram karena termasuk salah satu profesi menggiurkan. Sebab, selebgram juga bisa menghasilkan banyak pundi-pundi kekayaan.

Selebgram adalah singkatan dari Selebriti Instagram atau dalam istilah lain orang yang terkenal di Instagram. Layaknya seperti selebriti, mereka juga memiliki penggemar dan menjadi trendsetter di Instagram. Seseorang bisa dikatakan sebagai selebgram jika memiliki 20.000 followers ke atas.

Banyak artis yang meminta bantuan selebgram untuk mempromosikan penjualan produknya. Walaupun bayarannya tidak sebesar seperti bayaran artis, akan tetapi melakukan profesi sebagai selebgram juga bisa membuat anda mempunyai banyak uang.

Tidak heran lagi jika banyak orang mulai melirik profesi yang satu ini. Bayangkan saja, jika bayaran untuk sekali posting bisa mencapai jutaan rupiah, sudah pasti dalam waktu sebulan mereka bisa mengantongi uang hingga ratusan juta. Sangat hebat bukan?

Meski menggiurkan untuk menjadi seorang selebgram, ternyata juga tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu trik dan strategi untuk menarik banyak orang.

Untuk anda yang ingin menjadi selebgram dan bisa berjalan mulus, langsung saja simak 10 cara menjadi selebgram yang sukses berikut ini.

10 Cara Menjadi Selebgram Tanpa Modal

1. Pilih Niche yang Sesuai dengan Anda

Pilih Niche yang Sesuai dengan Anda

Bukan cuma blogger saja yang wajib menentukan niche, selebgram pun juga begitu!

Yang di maksut dari niche adalah topik khusus yang akan menjadi tema postingan di Instagram. Misalnya seperti topik kecantikan, kesehatan, parenting, dan masih banyak lainnya.

Kenapa harus memilih niche? Jika anda memiliki niche maka akan jadi lebih gampang membuat ide konten. Selain itu, pihak yang ingin bekerja sama (endorse) menjadi lebih tahu apakah anda pas atau belum untuk menjadi produk.

Lalu bagaiman cara menentukan niche-nya?

Untuk menentukan nichenya, maka mulailah dari apa yang anda sukai, seperti menyukai fashion dan sering nge-mix and match pakaian atau yang lainnya. Fokuslah untuk posting konten terkait fashion dan jadikan itu sebagai niche pribadi anda.

2. Membangun Personal Branding

Membangun Personal Branding

Cara agar bisa menjadi selebgram lainnya adalah dengan membangun personal branding yang cukup baik. Dengan menggunakan personal branding, anda bisa membangun reputasi di hadapan para follower.

Coba saja anda lihat selebgram di luar sana. Kira-kira apa saja yang membuat mereka bisa terkenal dan diikuti banyak orang? Apakah kontennya? Sosoknya? Atau yang lainnya.

3. Tentukan Target Audiens Anda

Tentukan Target Audiens Anda

Jika sudah menentukan personal branding, sekarang tentukan juga siapa audiens anda! Kira-kira pengguna usia berapa yang akan jadi target untuk anda jadikan konten.

JIka sudah mengetahui siapa audiensnya, anda jadi lebih gampang menentukan jenis konten. Misalnya anda seorang selebgram parenting, maka audiens anda tentu ibu-ibu, kan? Tentu jauh berbeda jika audiens anda anak remaja. Maka dari itu, konten-konten yang akan anda buat harusnya lebih formal.

4. Atur Profil Akun Instagram

Atur Profil Akun Instagram

Kira-kira apa yang dilihat pertama kali saat mengunjungi akun anda? Jawabannya adalah profil anda. Maka dari itu, buatlah profil yang baik dan berkualitas.

Berikut cara buat profil yang bagus:

  • Pakai foto anda sendiri yang menarik dan jelas.
  • Tulis bio menggunakan informasi mengenai tentang siapa diri anda.
  • Tambahkan kontak yang bisa dihubungi untuk bisnis anda.
  • Pasang link website, blog, atau channel youtube yang anda punya.

Jika memang anda ingin serius menjadi selebgram, pastikan akun Instagram anda sdah di atur ke akun bisnis. Karena ada banyak kelibihan dari akun bisnis. Seperti kemudahan melihat data statistik akun anda. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk anda ketahui banyaknya engagement di akun tersebut.

Untuk caranya, anda tinggal klik Settings > Account > Set to business account.

5. Posting Konten yang Menarik

Posting Konten yang Menarik

Konten adalah salah satu alasan terbesar untuk seseorang yang memfollow anda.

Memposting konten yang menarik adalah salah satu cara agar anda bisa menjadi selebgram yang sukses. Dan jangan lupa, sesuaikan dengan niche atau target audiens anda.

Dan jangan lupa foto yang di uploud harus berkualitas bagus dengan caption yang pstinya sangat mendukung. JIka menggunakan infografis, buat desain dan penjelasan yang menarik.

Untuk kualitas fotonya usahakan jangan pecah. Jika ide kontennya menarik, tapi kualitas gambarnya kurang bagus, maka tidak akan ada pihak yang ingin mengendorse anda.

6. Jangan Lupa Pakai Hashtag

Jangan Lupa Pakai Hashtag

Ingin postingan dilihat banyak orang? Pakai hashtag bisa jadi pilihan terbaik untuk anda lakukan. Terlebih, hashtag tersebut sedang trending atau populer.

Cantumkan beberapa hashtag pada setiap postingan Anda. Namun, pastikan terlebih dahulu hashtag tersebut sudah relevan atau belum dengan konten yang anda posting. Supaya konten anda dapat dengan mudah ditemukan oleh target audiens.

7. Bangun Engagement dengan Followers

Bangun Engagement dengan Followers

Jadi selebgram tidak cukup punya banyak followers saja. Anda juga harus punya engagement yang tinggi. Kenapa? Sebab, pemilik bisnis biasanya melihat dua hal tersebut saat ingin mengendorse.

Tidak dapat di pungkiri lagi, kemungkinan adanya followers palsu bisa saja dimiliki oleh beberapa selebgram.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan engagement? Ada banyak cara, anda bisa membalas komentar dari followers anda Untuk memancing followers yang memberikan komentar dan buatlah postingan berupa pertanyaan.

8. Jadwalkan Waktu Posting

Jadwalkan Waktu Posting

Salah satu cara untuk bisa menjadi selebgram yang tidak boleh terlewatkan adalah mengatur jadwal postingan. Hal ini sangat penting, agar anda tetap konsisten dalam memposting konten.

Anda bisa atur jadwal konten yang sesuai dengan kemampuan dan niche. Misalnya, untuk niche kesehatan dan keuangan, waktu untuk membuat kontennya tentu memakan waktu yang lebih lama.

Coba saja anda riset waktu, kapan waktu yang tepat untuk mengupload konten. Berdasarkan survey, waktu posting yang di rekomendasikan oleh Instagram adalah saat jam istirahat (sekitar jam 11-1 siang), dan setelah jam kerja (jam 7-9 malam).

Anda juga harus bisa bereksperimen sendiri dengan cara memposting konten yang sama di waktu yang berbeda, mulai dari pagi, siang, sore, bahkan sampai malam. Dan perhatikan postingan mana yang memiliki banyak like.

9. Pilih Produk Endorse secara Selektif

Pilih Produk Endorse secara Selektif

Apakah sudah ada produk yang mengendorse anda? Jika sudah, selamat. Artinya anda sudah berhasil menjadi selebgram dan memanfaatkan salah satu cara mendapatkan uang.

Pada saat ada yang ingin mengendorse, pertimbangkan terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah sesuai dengan audiens anda, aman, dan juga bermanfaat?

Misalnya seperti produk kecantikan, anda bisa cek apakah produk tersebut telah diuji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau belum. Jika produk tidak terdaftar, lebih baik jangan terima tawaran endorsenya.

Anda tidak perlu ragu untuk menolak endorse, jika memang produknya tidak jelas. Tentu saja anda tak ingin reputasi menurun akibat salah menerima endorse produk.

10. Jangan Berlebihan Posting Endorsement

Jangan Berlebihan Posting Endorsement

Ada banyak endorsement memang sangat menguntungkan. Namun, terlalu banyak posting konten endorsement ternyata tidak baik.

Followers anda bisa saja merasa bosan dan meninggalkannya, karena menganggap semua konten anda cuma ngiklan!

Selain itu, pemilik akun bisnis belum tentu suka dengan hal tersebut, pastinya akan berpikir dua kali ketika ingin mengendorse anda. Karena, jika terlalu banyak postingan endorsement maka akan membuat postingan tersebut tertimbun dengan postingan endorse lainnya.

Coba saja batasi jumlah postingan endorse dan jangan lupa selingi dengan konten postingan pribadi anda.

Itulah cara untuk bisa bisa menjadi selebgram dan dapat endorse yang bisa anda coba. Cukup banyak juga, ya?

Namun, jika mengikuti setiap langkahnya, maka anda akan menjadi selebgram dengan sangat mudah.

Hal terpenting adalah membangun personal branding yang kuat untuk bisa menjadi seorang selebgram. Inilah yang akan membuat anda agar bisa lebih dikenal. Jadi, peluang dapat endorse makin besar atau anda juga bisa membaca artikel Download Instagram Lite Mod APK Versi Terbaru.

Meskipun Instagram merupakan channel utama anda, jangan lupa untuk membuat website personal sebagai identitas online. Karena untuk membangun reputasi online dalam jangka waktu yang panjang. Apalagi membuat website saat ini sudah tidak terlalu ribet.

10 Cara Menjadi Selebgram dan Mendapatkan Endors untuk Pemula | Ryan Ardhy | 4.5