Cara Login Whatsapp Web Tanpa Scan Barcode

Wednesday, November 24th, 2021 - Social Media

Pengguna Whatsapp Web pasti sudah mengetahui salah satu cara untuk masuk ke layanan tersebut, yakni dengan cara scan barcode dari handphone. Namun, ternyata masih ada cara lain Whatsapp Web tanpa scan barcode yang bisa anda aplikasikan.

Pengguna Whatsapp Web umumnya sengaja dipilih karena memiliki keuntungan layar yang lebih besar, lebar dan keyboard luas untuk mengetik pesan. Jika anda memiliki pesan yang berupa dokumen, maka bisa langsung dibuka melalui PC/Laptop untuk kemudian dikerjakan lebih efektif.

Untuk anda yang sering melakukan video call untuk kepentingan pekerjaan maupun pendidikan, menggunakan Whatsapp Web juga sangat membantu. Dengan menggunakan PC/Laptop, maka anda tidak perlu lagi merasa khawatir handphone anda kehabisan daya baterai atau terlalu pegal untuk memegang layarnya.

Bisakah Login WA Web Tanpa Scan Barcode?

Sebenarnya ada alasan tersendiri, kenapa Whatsapp Web menetapkan scan barcode untuk bisa mengakses berbagai macam fitur yang di dalamnya. Suatu alasan yang pasti adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.

Adanya barcode ini menjadi batas bahwa yang bisa mengakses Whatsapp dari web adalah pemilik akun. Hanya orang yang memegang smartphone yang memiliki akun Whatsapp yang bisa melakukan scan barcode. Dan orang tersebut tentu saja si pemilik akun.

Cara Masuk Whatsapp Web Tanpa Scan Barcode.

Sebelum menerapkan cara masuk Whatsapp tanpa menggunakan scan barcode atau kode QR, setidaknya cukup satu kali saja anda menggunakan QR. Selanjutnya anda bisa mengaplikasikan beberapa langkah di bawah ini, agar tidak perlu berulang kali scan kode QR lagi.

Memakai Metode Agar Scan QR Code Tidak Muncul

Memakai Metode Agar Scan QR Code Tidak Muncul

Sebelum mengakses WhatsApp web tanpa scanning barcode, terlebih dahulu anda harus scanning dari handphone minimal satu kali saja. Selanjutnya anda tetap bisa mengakses WhatsApp dari web asalkan anda sudah mencentang tanda Tetap Masuk.

Berikut langkah-langkah detailnya:

  • Terlebih dahulu anda buka “web.whatsapp.com”.
  • Tunggu halaman Whatsapp Web terbuka.
  • Centang “Keep Me Signed In” atau “Tetap Masuk”.
  • Lalu buka “WhatsApp” dari handphone anda.
  • Setelah itu pilih tanda titik tiga yang ada di bagian kanan atas.
  • Pilih “WhatsApp Web”.
  • Scan QR Code pada layar PC.
  • Selesai.

Dengan mengikuti cara login WhatsApp web tanpa scan barcode di atas, maka anda sudah tidak perlu scanning barcode berulang kali. Jika pertama kali masuk WhatsApp web sudah melakukan scan barcode, maka untuk waktu selanjutnya anda tidak perlu melakukan scan barcode lagi.

Yang terpenting adalah jangan mencentang tanda “Tetap Masuk”. Ketika nantinya anda mengetik web.whatsapp.com, otomatis akun anda akan terbuka tanpa melakukan scan barcode.

Pastikan koneksi internet menyala

Pastikan koneksi internet menyala

Anda bisa langsung masuk ke akun Whatsapp dari web tanpa scanning barcode, akan tetapi koneksi internet yang ada di handphone anda harus aktif dan stabil. Jika handphone anda dalam keadaan mati total atau tidak tersambung pada internet, maka secara otomatis WhatsApp web tidak bisa diakses.

Hal ini biasanya disebabkan oleh cara kerja WhatsApp web yang terintegrasi penuh dengan aplikasi WhatsApp. Itulah kenapa ketika handphone dalam kondisi hampir kehabisan baterai, pada bagian atas WhatsApp web akan muncul notifikasi mengisi daya baterai.

Jika login selanjutnya masih saja menggunakan scan barcode, maka anda tidak bisa menjauhkan posisi handphone dari PC. Namun, jika sudah bisa login secara otomatis tanpa scan barcode, maka handphone tidak perlu berdekatan dengan PC/Laptop, asalkan koneksi internetnya tetap terhubung dan stabil.

Cara Cari Barcode di WhatsApp

Sebelum mengaplikasikan cara login WhatsApp web tanpa scan barcode, terlebih dahulu anda harus cari di mana posisi barcode pada WhatsApp. Bagi yang belum tahu, anda bisa melihat beberapa cara pencarian berikut ini :

  • Terlebih dahulu anda buka aplikasi “WhatsApp”.
  • Selanjutnya pilih tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih “WhatsApp Web”.
  • Lalu tekan simbol “+” yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Setelah itu arahkan kamera HP pada QR code.
  • Tunggu proses scanning.
  • Selesai.

Agar login Whatsapp web berhasil, maka anda harus posisikan kamera handphone tepat berada di depan barcode yang tertera pada PC/Laptop yang anda gunakan. Posisinya tidak harus anda lekatkan persis di depan PC/Laptop, asalkan keseluruhan barcode masuk ke dalam kamera maka anda sudah bisa login dan menggunakannya.

Cara Logout WA Web

Dari beberapa orang menginginkan cara login WhatsApp web tanpa scan barcode supaya tidak repot ketika menggunakannya kembali. Namun, beberapa lainnya memilih log out WhatsApp web setelah usai digunakan karena disalah satunya menggunakan komputer kantor.

Jika anda adalah salah satu diantaranya, maka langkah-langkah di bawah ini harus bisa anda kuasai:

  • Terlebih dahulu anda buka aplikasi “WhatsApp”.
  • Selanjutnya pilih tanda titik 3 yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Lalu pilih “WhatsApp Web”.
  • Setelah itu tekan simbol “+” yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Pilih “Keluar dari semua perangkat”.
  • Selesai.

Ketika anda ingin menggunakan kembali WhatsApp web, maka bisa ikuti langkah-langkah login seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Dan jangan lupa untuk logout kembali ketika sudah tidak digunakan lagi.

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara login Whatsapp Web tanpa scan barcode atau anda juga bisa membaca artikel lain yang terkait dengan Penyebab Whatsapp Web Tidak Bisa Dibuka.

Semoga cara yang ada di atas dapat mempermudah dan mempercepat kerja anda saat terhubung dengan Whatsapp menggunakan PC/Laptop. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba.

Cara Login Whatsapp Web Tanpa Scan Barcode | Ryan Ardhy | 4.5