Cara Menyimpan Status Whatsapp Orang Lain Dengan Mudah dan Cepat

Ada cara untuk bisa download status gambar maupun video dengan mudah di WA yang biasanya dibagikan oleh kontak WhatsApp. Untuk anda ingin menyimpannya sekedar dijadikan koleksi atau dibagikan kembali. Karena di antara sekian banyak teman dan keluarga yang ada di kontak WhatsApp, pasti ada yang suka membagikan foto dan video lucu di status WA-nya.

Nah, ketika melihat status lucu di WA dan anda ingin menyimpannya atau membagikannya ke orang lain, tentunya anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara mengunduh foto atau video status dari sosial media pesan instan tersebut.

Aplikasi WhatsApp sendiri tidak mempunyai fitur untuk membagikan dan menyimpan status orang lain secara langsung. Beda dengan gambar dan video yang diunggah di room chat, yang bisa disimpan atau di-save secara otomatis.

Jadi, jika ada yang membagikan status lucu yang bisa disimpan hanya berupa foto saja, itupun penyimpanannya menggunakan cara screenshot atau screen capture yang membuat caption dan foto profil dari pemilik status ikut terfoto. Dan sudah bisa dipastikan, hasilnya kurang memuaskan.

Daripada anda harus repot-repot screenshot kemudian crop untuk menghilangkan caption dari pemilik stories yang ingin disimpan, atau anda tidak merasa enak mau minta dikirimin, lebih baik gunakan cara menyimpan foto dan video status dari WA yang akan saya bagikan di artikel ini.

Cara Menyimpan Foto atau Video Status WhatsApp

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda coba untuk menyimpan semua status WA baik itu yang berupa video ataupun foto tanpa harus mendownload aplikasi tambahan. Akan tetapi untuk mempermudah semua itu, kami juga akan membahas tentang cara menyimpan status whatsapp ke internal HP dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

1. Cara Simpan Status Foto dan Video WA menggunakan Aplikasi Status Saver

Cara Simpan Status Foto dan Video WA menggunakan Aplikasi Status Saver

Yang pertama, anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Status Saver ini dari Google Play Store. Kemudian instal, lalu buka aplikasi WhatsApp dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Terlebih dahulu anda masuk ke halaman Status dan lihat status orang lain yang ingin anda simpan.
  • Jika berupa video, pastikan anda menontonnya sampai selesai agar file yang disimpan tidak error.
  • Kemudian keluar dari aplikasi Whatsapp dan masuk ke aplikasi Status Saver.
  • Masuk ke halaman Images jika status yang ingin disimpan berupa foto atau ke halaman Videos jika status yang ingin disimpan berupa video.
  • Nantinya di sana anda akan melihat semua status yang sudah dilihat selama 24 jam.
  • Pilih status yang ingin disimpan ke galeri android anda, kemudian klik ikon Disket yang ada di bagian atas kanan tampilan dan di samping ikon Share.
  • Tunggu hingga proses download selesai.

Jika sudah selesai, maka Status Saver ini akan langsung menyimpan status yang anda inginkan di penyimpanan internal, tepatnya berada di folder Penyimpanan > Internal > Story Saver.

Selain Status Saver, sebenarnya masih ada banyak aplikasi mendownload status WA lainnya dan cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Status Saver Apk. Anda bisa search sendiri di Google Play dengan kata kunci ‘simpan status WhatsApp’.

Maka akan muncul banyak aplikasi status WA downloader yang bisa anda pilih salah satu. Jika anda mendownload lebih dari satu juga bisa, akan tetapi memakan banyak memori. Toh semua aplikasi tersebut fungsinya sama saja.

Atau jika ingin menghemat memori smartphone, anda bisa mengunduh status foto maupun video di WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di cara nomor dua berikut ini.

2. Cara Simpan Status Foto dan Video WA menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Cara Simpan Status Foto dan Video WA menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Download dan install terlebih dahulu aplikasinya. Lalu anda bisa lanut ke cara menyimpan status Whatsapp. Berikut langkah yang harus anda lakukan:

  • Terlebih dahulu anda buka Status yang ingin di simpan sampai status terbaca penuh (jangan diskip).
  • Selanjutnya buka ES File Explorer. Jika pertama kali anda menggunakan aplikasi ini, silahkan slide ke kanan dan pilih kotak biru Ayo mulai.
  • Setelah itu klik icon garis tiga yang ada dibagian pojok kiri atas.
  • Geser Tampilkan file tersembunyi hingga menyala.
  • Klik penyimpanan internal.
  • Setelah itu pilih WhatsApp -> Media.
  • Maka akan muncul folder agak berbayang dengan nama Statusses, klik saja folder tersebut. Di folder tersembunyi story anda tersimpan.
  • Tekan lama status yang ingin anda simpan, kemudian pilih Salin.
  • Pilih dimana foto status dipindah.
  • Selesai.

Coba lihat di Berlas anda lalu menuju ke folder WhatsApp -> Media. Sekarang foto yang anda inginkan sudah berhasil tersimpan ke perangkat ponsel anda.

3. Cara Menyimpan Foto dan Video dari Status WhatsApp Tanpa Aplikasi tambahan

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Status WhatsApp Tanpa Aplikasi tambahan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebenarnya ada cara untuk mendownload video maupun foto status WhatsApp langsung tanpa harus menggunakan aplikasi. Tapi cara ini mungkin sedikit rumit bagi beberapa orang. Jadi silahkan baca langkah-langkahnya dengan teliti agar anda tidak bingung.

  • Terlebih dahulu anda lihat foto atau video yang ada di status Whatsapp sampai selesai.
  • Kemudian keluar dari aplikasi Whatsapp dan dilanjutkan dengan membuka aplikasi Berkas (File Manager).
  • Selanjutnya masuk ke Penyimpanan Internal.
  • Lalu klik Pengaturan, pilih Tampilkan File Yang Tersembunyi.
  • Masuk ke folder Whatsapp, masuk lagi ke Media.
  • Setelah itu masuk ke folder Statuses, biasanya folder ini warnanya agak transparan.
  • Di folder tersebut, anda akan melihat semua status yang sudah anda buka selama 24 jam.
  • Pilih status yang akan anda simpan lalu pindahkan ke folder lain, misalnya ke folder video atau foto.
  • Selesai.

Juga perlu anda ketahui, semua status yang ada di folder Statuses hanya akan bertahan selama status WA tersebut masih muncul. Jadi, jika menggunakan cara ini, pastikan anda sudah menyimpannya sebelum status hilang. Baik itu hilang sebelum waktunya karena sengaja dihapus oleh pemiliknya, atau hilang secara otomatis karena sudah tampil selama 24 jam.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai cara menyimpan foto atau video dari status Whatsapp orang lain ke penyimpanan handphone anda dengan mudah dan cepat, atau anda juga bisa membaca artikel lain terkait dengan Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara, Tanpa Uninstall.

Semoga artikel di atas bermanfaat dan berguna untuk anda. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba.

About Ryan Ardhy

Seorang pemuda yang suka ngulik smartphone dan teknologi.

Check Also

Mematikan Notifikasi Line

Cara Mematikan Notifikasi Line di Android dengan Mudah Terbaru 2022

Sebuah media sosial populer biasanya bisa memberikan berbagai kelebihan yang membuat para penggunanya terasa nyaman …

Notifikasi LINE Tidak Muncul

Notifikasi LINE Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya

Selain aplikasi Whatsapp dan BBM, ternyata LINE juga dapat mengalami masalah pada notifikasi atau pemberitahuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *